Sihir Hijau: Cara Cangkok Pohon Jeruk Nipis

Buat kalian yang pengen punya pohon jerup nipis sendiri di rumah, tapi bingung gimana caranya, nggak perlu khawatir! Hari ini gue kasih tau cara mencangkok pohon jerup nipis yang kece abis. Dengan cara ini, kalian bisa bikin pohon baru yang mirip banget sama pohon induknya.

Persiapan Mencangkok

Bro, lo mau ngayam pohon jeruk nipis yang kece badai? Yuk, ikutin langkah-langkah berikut ini. Pertama-tama, lo mesti siapin bahan dan alatnya, kayak pisau, tali rafia, plastik, dan tentu aja batang pohon jeruk nipis yang sehat sebagai entresnya. Oh iya, jangan lupa juga pestisida buat mencegah serangan hama dan penyakit.

Pilih Bibit yang Tepat

Nah, ini penting banget, bro. Lo harus milih batang pohon jeruk nipis yang udah cukup tua, sekitar setahun, dan diameternya kurang lebih 1-2 cm. Batangnya juga harus lurus, nggak cacat, dan bebas dari hama penyakit. Kalau udah ketemu yang pas, langsung deh potong batang entres sepanjang 10-15 cm.

Buat Sayatan pada Batang

Sekarang, lo mesti bikin sayatan pada batang pohon yang mau dicangkok. Caranya, lo buat dua sayatan melingkar di batang dengan jarak sekitar 5-10 cm, lalu hubungkan kedua sayatan itu dengan sayatan vertikal. Kedalaman sayatannya sekitar 1-2 cm, bro. Jangan terlalu dalam ya, nanti malah bisa rusak batang pohonnya.

Lepas Kulit Batang

Setelah bikin sayatan, lo mesti lepas kulit batang yang ada di dalam sayatan tadi. Caranya, lo cungkil pelan-pelan pakai pisau yang tajam. Tapi ingat, jangan sampai lo ngerusak bagian kayunya, ya. Setelah kulitnya udah kebuka, lo bersihkan bagian kayunya dari lendir atau kotoran.

Pemilihan Batang

Nah, untuk nyangkok pohon jeruk nipis, lo harus perhatiin banget batang yang mau dipake. Bukan sembarang batang, ya! Carilah batang yang sehat, kokoh, dan udah berdiameter sekitar 0,5-2 cm. Jangan lupa, batangnya harus lurus dan nggak cacat.

Ukuran Batang

Ukuran batang yang ideal untuk nyangkok jeruk nipis berkisar antara 0,5-2 cm dengan panjang sekitar 5-15 cm. Batang yang terlalu kecil atau terlalu besar bakal susah buat ditanggulangi dan bisa bikin proses nyangkok gagal. Jadi, pilihlah batang yang sesuai ukuran ya.

Preparasi

Sebelum lo mulai nyangkok, ada beberapa persiapan yang perlu lo lakuin. Pertama, lo harus siapin alat-alatnya dulu, kayak pisau yang tajam, plastik wrap, dan media tanam yang steril. Setelah itu, lo bisa lanjut bersihin batang yang mau dipake.

Bersihin Batang

Bersihin batang dengan cara disikat pake sikat lembut atau lap basah. Tujuannya buat ngilangin kotoran atau lumut yang menempel. Pastikan batang dalam keadaan bersih sebelum lo mulai nyangkok. Batang yang bersih bakal ngebantu memperlancar proses penyatuan antara batang bawah dan batang atas. Lo juga bisa ngerendam batang di dalam larutan fungisida selama beberapa menit untuk ngilangin bakteri atau jamur yang mungkin ada.

Proses Pencangkokan

Cara mencangkok pohon jeruk nipis memang gampang-gampang susah. Kalau kamu mau coba, ikuti langkah-langkahnya di bawah ini ya!

1. Persiapan

Sebelum mulai mencangkok, siapkan dulu alat-alat yang kamu butuhkan. Kamu bakalan butuh pisau tajam, plastik atau sabut kelapa, dan tali atau benang.

2. Pilih Batang

Pilih batang pohon jeruk nipis yang sehat dan cukup tua, kira-kira berdiameter 1-2 cm. Jangan pilih batang yang terlalu muda atau terlalu tua.

3. Kerat Batang

Buat keratan melingkar pada batang yang sudah kamu pilih, sekitar 5-10 cm panjangnya. Kerat jangan terlalu dalam, cukup sampai kulit batangnya terkelupas. Setelah itu, kerik bagian yang terkelupas hingga bersih.

Kemudian, kerat lagi batang di bawah keratan pertama, sekitar 5-10 cm di bawahnya. Panjang keratannya sama seperti keratan pertama.

Buang kulit batang di antara dua keratan tadi, hingga kamu melihat lapisan kayunya. Bersihkan lapisan kayu tersebut hingga tidak ada lagi getah atau kotoran.

4. Pasang Plastik atau Sabut Kelapa

Balut bagian yang sudah kamu bersihkan tadi dengan plastik atau sabut kelapa yang sudah dibasahi air. Ikat bagian atas dan bawah plastik atau sabut kelapa dengan tali atau benang.

Plastik atau sabut kelapa ini berfungsi untuk menjaga kelembapan dan melindungi bagian yang dicangkok dari udara luar.

5. Pemeliharaan

Setelah proses pencangkokan selesai, kamu perlu terus menjaga kelembapan plastik atau sabut kelapa. Siram secara teratur, tapi jangan sampai terlalu basah. Biasanya, cangkokan akan sukses setelah 1-2 bulan.

Perawatan dan Penanganan Pasca Cangkok

Setelah pohon jerup nipis selesai dicangkok, jangan lantas ditinggalkan begitu saja. Nah, di bagian ini kita bahas soal perawatan dan penanganan supaya cangkokan berhasil dan pohon kamu bisa tumbuh subur. Yuk, simak langkah-langkahnya!

Penyiraman

Siram cangkokan secara teratur, tapi jangan berlebihan. Cukup siram sampai media tanam lembap aja.

Pemupukan

Jangan lupa pupuk cangkokan setiap 1-2 minggu sekali pakai pupuk cair yang dicampur air. Gunakan dosis yang tertera di kemasan pupuk ya.

Penanganan Hama dan Penyakit

Cangkokan rentan terserang hama dan penyakit, jadi cek secara berkala dan segera tangani kalau ada gejala yang muncul.

Pelepasan Cangkokan

Setelah cangkokan berusia sekitar 2-3 bulan, akar baru biasanya sudah cukup kuat. Kalau sudah begitu, waktunya untuk melepas cangkokan dari pohon induk. Hati-hati saat melepasnya supaya akar baru tidak rusak.

Mencangkok pohon jerup nipis jadi gampang setelah tahu caranya, bukan? Nggak perlu gengsi belajar, karena cara mencangkok pohon jerup nipis ini bisa jadi solusi buat kamu yang pengen budi daya sendiri di lahan sempit. Cukup dengan alat dan bahan seadanya, kamu udah bisa bikin bibit pohon baru yang sehat dan berkualitas. Inget, mencangkok bukan cuma sekedar menggandakan pohon, tapi juga cara melestarikan kekayaan alam kita. Terus belajar dan jangan lupa praktikkan, ya!

Leave a Comment