Cara Cangkok Pohon Mangga Sederhana

Hai, Sobat Petani! Pengen punya banyak pohon mangga tanpa harus beli bibit baru? Coba deh cara mencangkok pohon mangga yang gampang banget ini. Dijamin sukses dan ampuh buat perbanyak pohon mangga kesayangan kalian. Yuk, langsung kita bahas gimana caranya!

Memilih Induk Pohon Mangga yang Tepat

Eh, mau cangkok pohon mangga sendiri? Sip, ayo kita mulai dari awal dulu. Pertama-tama, kamu harus tahu gimana caranya pilih induk pohon mangga yang bagus. Ini dia kuncinya:

Umur Pohon

Pilih pohon yang udah berumur minimal 4 tahun. Di usia ini, pohon mangga udah punya batang yang cukup kuat dan udah pernah berbuah minimal sekali.

Jenis Pohon

Ada banyak jenis pohon mangga, tapi nggak semuanya cocok buat dicangkok. Beberapa jenis yang direkomendasikan adalah gedong gincu, manalagi, dan arumanis. Soalnya, jenis-jenis ini udah terbukti menghasilkan buah yang berkualitas.

Kesehatan Pohon

Pastikan pohon yang kamu pilih sehat dan nggak terserang hama atau penyakit. Ciri-ciri pohon yang sehat adalah daunnya hijau mengkilat, batangnya nggak berlubang, dan akarnya nggak busuk.

Produktivitas Pohon

Pilih pohon yang produktif dan rutin berbuah. Ini menunjukkan kalau pohon tersebut punya potensi genetik yang bagus dan bisa diwariskan ke pohon cangkokan.

Mempersiapkan Batang Atas dan Bawah

Hai guys, kita mau ncangkok pohon mangga nih. Pertama-tama, kita harus siapin dulu batang atas dan batangnya. Batang atas itu yang bakal kita tancapin ke batang bawah. Batang bawah itu yang jadi tempat tumbuh batang atas.

Batang Atas

Pilih batang yang udah dewasa, punya diameter sekitar 1-2 cm, dan nggak ada penyakit. Panjangnya sekitar 20-30 cm dengan 2-3 ruas mata tunas.

Batang Bawah

Pilih pohon mangga yang sehat dan cocok buat dijadikan batang bawah. Buang daun-daun yang ada di sekitar area pencangkokan. Buat sayatan berbentuk huruf T di batang bawah dengan kedalaman sekitar 2-3 cm. Kupas kulit batang bawah pada kedua sisi sayatan selebar 2-3 cm dan setebal 0,5 cm.

Mencangkok

Bosan sama pohon mangga di halaman yang itu-itu aja? Tenang, ada cara asik buat bikin pohon mangga baru yang mirip banget sama induknya, yaitu dengan cangkok. Cangkok itu kayak ngeklon pohon mangga gitu deh, jadi pohon barunya nanti punya karakteristik yang sama kayak pohon induknya.

Cara cangkoknya gampang banget, tinggal ambil dahan pohon mangga yang sehat dan udah cukup tua. Terus, kupas kulit dahannya sepanjang 5-10 cm dan kerok bagian dalamnya. Setelah itu, bungkus bagian yang dikelupas pakai tanah yang dicampur sama pupuk kandang. Terakhir, ikat bungkusan tanah itu pakai plastik atau sabut kelapa biar nggak lepas.

Perawatan

Setelah dicangkok, pohon mangga barumu butuh perawatan khusus biar bisa tumbuh sehat dan subur.

Pertama, jaga kelembapan tanah di bungkusan tanah. Jangan sampai kekeringan atau kebasahan, karena dua-duanya bisa bikin cangkokan gagal. Siram secara teratur, tapi jangan berlebihan.

Kedua, lindungi cangkokan dari sinar matahari langsung. Kamu bisa pakai paranet atau daun-daun kering buat nutupin cangkokan. Tujuannya biar suhu di dalam bungkusan tanah tetap stabil dan nggak kepanasan.

Terakhir, jangan buru-buru buat lepasin cangkokan dari pohon induknya. Tunggu sampai akarnya udah cukup kuat, biasanya sekitar 2-3 bulan. Kalau dilepas terlalu cepat, cangkokan bisa mati.

Melepas Cangkokan

Setelah beberapa bulan, cangkokan siap dilepaskan. Tapi, jangan terburu-buru mencabutnya, ya! Pertama, potong dahan yang ada di atas cangkokan. Kemudian, sayat kulit cangkokan dari atas ke bawah dengan hati-hati agar tidak merusak akarnya.

Setelah itu, lepaskan plastik pembungkus dan media cangkok perlahan. Jangan lupa juga periksa kondisi akarnya. Jika akar sudah tumbuh lebat dan sehat, cangkokan sudah siap dipindahkan ke tempat yang baru.

Penanaman

Pemilihan Lokasi

Pilih lokasi penanaman yang terkena sinar matahari cukup dan memiliki tanah yang subur serta gembur. Buat lubang tanam dengan kedalaman dan lebar sekitar 50 cm.

Penanaman

Letakkan cangkokan di dalam lubang tanam dan isi dengan tanah. Padatkan tanah di sekitar cangkokan agar tidak mudah goyang. Kemudian, siram hingga tanah lembap dan beri tiang penyangga agar pohon tidak roboh.

Perawatan

Setelah ditanam, jangan lupa menyiram pohon secara teratur, terutama pada musim kemarau. Beri juga pupuk sesuai kebutuhan agar pohon tumbuh subur. Jika ada gulma yang tumbuh di sekitar pohon, segera bersihkan agar tidak mengganggu pertumbuhannya.

Nah, bagaimana, kawan-kawan? Masalah “sulitnya menumbuhkan pohon mangga sendiri” sekarang sudah teratasi dengan cara mencangkok pohon mangga yang mudah dan murah. Teknik ini bisa jadi solusi jitu buat kamu yang hobi berkebun atau ingin menikmati buah mangga rumahan. Jangan ragu lagi, buktikan sendiri keampuhan cara ini dan nikmati manisnya mangga hasil cangkokanmu. Kamu pasti bangga dan puas dengan hasilnya!

Leave a Comment